Friday, December 5, 2014

Denim Yang Ramah Lingkungan

Label busana high-street H&M akan merilis Conscious Denim, sebuah koleksi busana berbahan denim yang ramah lingkungan.


Disebut demikian karena dalam proses pembuatannya mengedepankan aspek berkelanjutan yang aman bagi lingkungan.  Pada proses pencucian misalnya, teknik yang diaplikasikan telah dikaji dampaknya pada penggunaan energi dan air.

"Kami sangat bersemangat untuk koleksi Conscious Denim di H&M. Di samping menggunakan bahan yang lebih berkelanjutan, kami bekerja keras untuk mengurangi dampak lingkungan dari proses pencucian. Koleksi ini mempunyai banyak pakaian yang indah, sehingga membuktikan bahwa keberlanjutan bisa disamakan dengan gaya yang indah," ucap Helena Helmersson, Head of Sustainability H&M, dalam siaran persnya seperti dilansir dari Tribunnews.com.

Saat menciptakan Conscious Denim, H&M memakai kriteria dari konsultan denim Spanyol Jeanologia yang memiliki standar tertinggi dalam menciptakan denim yang ramah lingkungan.
Hasilnya adalah koleksi lengkap dengan potongan modern dalam nada warna indigo gelap. Bagi para wanita, Conscious Denim memiliki gaya esensial musim ini, dari jins skinny berpinggang rendah atau tinggi sampai potongan boyfriend (jins longgar berpotongan lurus dan digulung bagian bawahnya) sampai jins yang menyempit di pergelangan kaki.

Selain denim yang esensial ini, juga ada pakaian yang dibuat dari bahan conscious yang jatuhnya seperti denim, untuk menciptakan tampilan lengkap. Jins jogger (celana berpinggang karet dan dilengkapi karet di ujungnya) dalam bahan rajutan indigo memiliki kelembutan sweatpant, sedangkan boiler suit (baju dan celana panjang terusan) indigo dalam bahan Tencelr memiliki garis tegas dan ramping.

Bagi para pria, gaya klasik berkantung lima dengan raw denim (denim yang tidak mengalami proses pencucian) bergabung dengan jins dalam berbagai gaya dan tampilan wash. Seperti halnya dengan jaket denim warna indigo gelap, juga ada worker's jacket dari bahan twill, sedangkan mantel wol indigo adalah pakaian lapisan luar yang sempurna untuk musim ini. Sementara itu untuk anak-anak tersedia beberapa model, seperti jins dan dungarees (celana yang menyatu dengan penutup dada), semuanya dalam bahan Conscious.

Koleksi ini akan tersedia 2 Oktober mendatang di toko H&M seluruh dunia. Sekitar 1.000 toko untuk pakaian wanita, 700 toko untuk pakaian pria, dan online shop.

No comments:

Post a Comment